Fernando-Alonso-McLaren-Honda-F1-Kanada-2017-1.jpg

Perceraian McLaren dan Honda Semakin Nyata

Posted on

Perceraian McLaren dan Honda Semakin Nyata

WOKING (DP) – Perceraian antara McLaren dan Honda semakin mendekati kenyataan, menyusul kabar telah tercapainya kesepakatan antara kedua belah pihak untuk mengakhiri kemitraannya musim depan. McLaren disebut akan beralih pemasok mesin ke Renault.

Menurut laporan Motorsport.com, McLaren telah meneken kontrak dengan Renault untuk tiga tahun, mulai 2018, sekaligus menunggu regulasi baru yang akan diterapkan pada 2021. Renault dianggap pilihan paling realistis untuk McLaren saat ini.

Selain itu, kesepakatan ini diyakini juga akan memberikan McLaren spek mesin yang sama seperti tim pabrikan Renault, seperti didapatkan oleh Red Bull Racing. Sehingga McLaren bisa memiliki mesin dengan performa kompetitif.

Dilepasnya Honda untuk Renault juga menjadi salah satu cara agar McLaren tidak kehilangan Fernando Alonso yang selama ini telah nyatakan kekecewaannya terhadap Honda. Alonso mengancam tidak hanya akan tinggalkan McLare tapi juga F1 juga tidak memiliki tim kompetitif untuk 2018.

Sementara McLaren berpindah ke Renault, Honda kemudian akan beralih menjadi pemasok mesin Toro Rosso. Langkah ini dianggap sebagai cara agar Carlos Sainz Jr. dapat bergabung ke Renault, sebagai kompensasi Toro Rosso mengakhiri kontrak mesin lebih awal dengan Renault.

Bergantinya Toro Rosso ke mesin Honda juga terkait dengan aturan FIA di mana satu pabrikan mesin hanya boleh memasok paling banyak tiga tim, di mana tahun ini telah memasok untuk Renault sendiri kemudian Red Bull dan Toro Rosso. [dp/Whr]

Dipersembahkan oleh : OTO123.net

Sebarkan info ini ke teman-teman Anda!!